Fabio Azka, Pemilik Lemparan Roket pada Timnas Indonesia U-16

Fabio Azka menjadi buah bibir pada waktu mengantarkan Timnas Indonesia U-16 menang pada laga pembuka fase Grup A Piala AFF U-16 2024 melawan Singapura dengan skor 3-0 dalam Stadion Manahan, hari terakhir pekan (21/6/2024). Pemain jebolan regu Elite Pro Academy (EPA) Persija Ibukota itu mempunyai satu senjata mematikan untuk lawannya.

Senjata mematikan yang digunakan dimaksud yang disebutkan adalah lemparan Jarak berjauhan yang mana mirip dengan Pratama Arhan. Talenta Fabio nampak pada gol pembuka Timnas Indonesia U-16 di dalam menit ke-40. Lemparan terpencil Fabio menjadi dalang melawan terciptanya gol yang dicetak Mierza Firjatullah.

Mierza menanduk bola hasil lemparan ke pada Fabio. Tim besutan Nova Arianto pun berhasil unggul satu-nol dalam putaran pertama.

Dua gol lain Timnas Indonesia U-16 dicetak penalti Evandra Florasta di area menit ke-57 lalu Fandi Alberto di dalam menit ke-86. Dari tiga gol tersebut, gol lemparan sangat ala Arhan menjadi sorotan di tempat media sosial.

Tak jarang akun sepak bola pada media sosial memperbincangkan talenta potensial yang dimaksud satu ini. Warganet pun terkesima dengan pesona yang dimaksud ditampilkan Fabio.

“Fabio Azka ini emang keren, mampu jadi calon penerus Pratama Arhan. Gol Mierza Firjatullah juga oke, semangat terus untuk skuad Garuda Muda,” tulis akun @irfanmbappe di tempat X.

“Lemparan ke pada Fabio Azka juga sangat jauh seperti Pratama Arhan,” tulis akun @38bolaID.

Sebelumnya, bakat potensial Fabio sudah ada menuai puja-puji dari sang pelatih, Nova Arianto. Namun menurut Nova, kemampuan yang digunakan dimiliki pemain dengan syarat Bandar Lampung ini harus diasah lagi.

“Iya, mirip Pratama Arhan lah, namun ia memang sebenarnya masih butuh tenaga serta harus kami latih lagi, dari segi kemungkinan ia cukup baik,” ujar Nova usai laga uji coba Timnas Indonesia U-16 kontra SSB Terang Bangsa pada 31 Mei 2024.

Hasil ini menciptakan Timnas Indonesia U-16 bercokol di tempat puncak klasemen sementara Grup A. Pasukan Garuda Asia menggeser Laos U-16 yang dimaksud juga menang dengan tiga gol tanpa balas menghadapi Filipina U-16.

Scroll to Top